Halaman

Rabu, 11 April 2012

PERSEBARAN RAS DI INDONESIA DAN CIRI-CIRINYA


Bangsa yang berimigrasi ke Indonesia berasal dari daratan Asia tepatnya Yunan Utara bergerak menuju ke Selatan memasuki daerah Hindia Belakang (Vietnam)/Indochina dan terus ke Kepulauan Indonesia, dan bangsa tersebut adalah:


1. Bangsa Melanesia atau disebut juga dengan Papua Melanosoide yang merupakan rumpun bangsa Melanosoide/Ras Negroid. Bangsa ini merupakan gelombang pertama yang berimigrasi ke Indonesia.


2. Bangsa Melayu yang merupakan rumpun bangsa Austronesia yang termasuk golongan Ras Malayan Mongoloid. Bangsa ini melakukan perpindahan ke Indonesia melalui dua gelombang yaitu:


1. Gelombang pertama tahun 2000 SM, menyebar dari daratan Asia ke Semenanjung Melayu, Indonesia, Philipina dan Formosa serta Kepulauan Pasifik sampai Madagaskar yang disebut dengan Proto Melayu. Bangsa ini masuk ke Indonesia melalui dua jalur yaitu Barat dan Timur, dan membawa kebudayaan Neolithikum (Batu Muda)


2. Gelombang kedua tahun 500 SM, disebut dengan bangsa Deutro Melayu. Bangsa ini masuk ke Indonesia membawa kebudayaan logam (perunggu).

Dengan adanya migrasi/perpindahan bangsa dari daratan Asia ke Indonesia, maka padazaman prasejarah di Kepulauan Indonesia ternyata sudah dihuni oleh berbagai bangsayang terdiri dari:


1. Bangsa Melanisia/Papua Melanosoide yang merupakan Ras Negroid memilikiciri-ciri antara lain: kulit kehitam-hitaman, badan kekar, rambut keriting, mulut lebar dan hidung mancung. Bangsa ini sampai sekarang masih terdapat sisa-sisaketurunannya seperti Suku Sakai/Siak di Riau, dan suku-suku bangsa PapuaMelanosoide yang mendiami Pulau Irian dan pulau-pulau Melanesia.


2.Bangsa Melayu Tua/Proto Melayu yang merupakan ras Malayan Mongoloidmemiliki ciri-ciri antara lain: Kulit sawo matang, rambut lurus, badan tinggiramping, bentuk mulut dan hidung sedang. Yang termasuk keturunan bangsa iniadalah Suku Toraja (Sulawesi Selatan), Suku Sasak (Pulau Lombok), Suku Dayak (Kalimantan Tengah), Suku Nias (Pantai Barat Sumatera) dan Suku Batak (Sumatera Utara) serta Suku Kubu (Sumatera Selatan).


3.Bangsa Melayu Muda/Deutro Melayu yang merupakan rasa Malayan Mongoloidsama dengan bangsa Melayu Tua, sehingga memiliki ciri-ciri yang sama. Bangsaini berkembang menjadi Suku Aceh, Minangkabau (Sumatera Barat), Suku Jawa,Suku Bali, Suku Bugis dan Makasar di Sulawesi dan sebagainya.

0 komentar: