Kamis, 24 Januari 2013

TERSIBAKNYA FAKTA BAHWA "CINTA MEMANG BISA BIKIN ORANG JADI BODOH"








Cinta Bisa Bikin Orang Jadi Bodoh - 'Cinta membuat orang buta'. Pepatah itu sudah sering terdengar untuk menggambarkan perilaku orang jatuh cinta yang tak bisa melihat kekurangan pasangannya. Tapi tahukah Anda selain membuat buta, cinta juga membuat orang menjadi bodoh.

Prof. Robin Dunbar, evolutionary psychologist dari University of Oxford berpendapat bahwa bagian-bagian rasional dari otak manusia tertutup saat ia sedang jatuh cinta.

Prof Dunbar mengembangkan teorinya setelah menganalisa temuan-temuan dari percobaan otak yang dilakukan di Inggris lebih dari satu dekade lalu di University College of London.

Dalam penelitiannya, Prof Dunbar melakukan pengujian dengan MRI (magnetic resonance imaging) untuk mengamati aktivitas otak dari 17 relawan yang sedang melihat foto pasangan yang benar-benar ia cintai.

"Ketika orang-orang melihat foto orang yang mereka cintai, bagian rasional dari otak mereka terpengaruh oleh 'sindrom merah jambu' dan jantung memerintahkan kepala, hingga menumpulkan kemampuan kritis mereka," jelas Prof Dunbar, seperti dilansir news.com.au, Kamis (5/7/2012).

Yang tampaknya terjadi, lanjut Prof Dunbar, orang sadar membuat keputusan untuk tertarik pada seseorang dan pada saat tersebut bagian rasional otaknya seakan-akan mati.

"Jika korteks prefrontal 'dimatikan', elemen perlindungan dan perasaan hati-hati pun tidak ada," tutup Prof Dunbar.
Reaksi:

0 komentar: